Minggu, 04 Mei 2008

Memperoleh Pikiran Kreatif dengan Mind Map


Apa yang dibutuhkan untuk memunculkan ide-ide terbaik? Kreativitas. Apakah Kreativitas itu? Kreativitas adalah kemampuan berpikir dengan cara baru - menjadi orisinil. Pemikiran kreatif termasuk:
Kefasihan - Seberapa cepat dan seberapa mudah kita melepaskan ide-ide baru yang kreatif.
Fleksibilitas - Kemampuan kita melihat sesuatu dari sudut pandang lain, mempertimbangkan sesuatu dari sudut pandang berlawanan, mengambil konsep-konsep lama dan mengaturnya kembali dalam cara yang baru.
Orisinalitas - Kemampuan kita menghasilkan ide-ide yang unik, tidak biasa, eksentrik (menjauh dari pusat), asli.

Mind Map dapat mendorong kita memiliki pikiran yang kreatif. Dalam hal ini Mind Map berfungsi memberi asosiasi atau kegunaan suatu tema bagi sub-sub tema yang lain dan berpikir ke luar batas dengan menggunakan imajinasi.

Bila kita sungguh-sungguh ingin membuat lompatan ke depan dan memajukan daya ingat kita, maka kita perlu menggunakan imajinasi dan asosiasi secara aktif ketika kita ingin mengingat sesuatu.

Peran Penting Istirahat Belajar
Hal yang tak kalah penting yakni kita akan lebih mudah mengingat informasi jika kita istirahat secara teratur di antara periode belajar. Selama istirahat otak akan secara alami memadukan apa yang telah dipelajarinya dan otomatis membangun peta pikiran internal.