Minggu, 13 Januari 2008

Mind Set


Mind Set



Dalam pengertian yang sederhana mind set adalah pola pikir seseorang yang mendasari perilaku atau tindakannya sehari-hari. Tindakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari dibedakan dalam dua bagian, yaitu conscious dan unconscious. Conscious adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara sadar sedangkan uconscious adalah kebalikan dari conscious. Conscious dikerjakan oleh alam sadar manusia dan unconcious oleh alam bawah sadar.

Sekitar 90 persen tindakan manusia sehari-hari adalah unconcious seperti makan, berangkat kerja, bermain, berolahraga, berjalan, mengetik, dll. Ketika seseorang ingin berangkat ke tempat kerja, maka ia tidak perlu lagi diajari atau ditunjukkan bagaimana cara mencapai tempat kerjanya karena alam bawah sadarnya yang menggerakan ia mencapai tujuannya. Semua tindakan ini adalah hasil kerja otak yang merekam tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang. Tindakan secara sadar yang dilakukan berulang-ulang ini kemudian oleh otak diturunkan ke alam bawah sadarnya.

Jadi, mind set itu terbentuk karena ada tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang. Untuk melakukan perubahan mind set kita harus membentuk sebuah kebiasaan baru yang dilakukan secara kontinyu.

Setiap orang yang ingin berubah berarti ia harus mengganti (shift) mind setnya terlebih dulu. Mengganti mind set berarti berpindah dari satu mind set ke mind set yang lain. Dengan demikian mengganti mindset berarti memasuki dunia atau permainan baru dengan segala aturan barunya.

Tidak semua orang dapat mengubah mind set karena perubahan ini ditentukan oleh self acceptance seseorang. Self acceptance dipengaruhi oleh core beliefs, values, dan mental model.


H.H. Daniel Tamburian
Januari 2008